BADAN KEPEGAWAIAN DAN PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA

Pemerintah Kabupaten Mukomuko

Kunjungan Kepala Kantor Regional VII BKN Palembang

Kunjungan Kepala Kantor Regional VII BKN Palembang

Kunjungan Kepala Kantor Regional VII BKN Palembang Ir. Agus Setiadi, M.Si didampingi Kepala UPT BKN Bengkulu Joko Warsito, S.Kom., M.M, Senin 24/06/2019. Dalam kunjungan tersebut Kepala Kantor Regional VII BKN juga menyampaikan kepada pegawai ...

Selamat Hari Raya Idul Fitri 1440H

Selamat Hari Raya Idul Fitri 1440H

Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia dan segenap karyawan BKPSDM MukomukomengucapkanMinal Aidin Wal Faizin, Mohon Maaf Lahir dan Bathin1440 H ...

Pelantikan Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama, Administrator dan Pengawas

Pelantikan Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama, Administrator dan Pengawas

Bupati Mukomuko melantik dua orang pejabat Pimpinan Tinggi Pratama dilingkungan Pemerintah Kabupaten Mukomuko yang berlangsung di Gedung Balai Daerah Kabupaten Mukomuko, Selasa (21/05//2019). Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama yang dilantik, sebelumnya telah mengikuti tahapan lelang ...

Pelaksanaan Ujian Penyesuaian Ijasah, Ujian Dinas Tk.I dan Tk.II Tahun 2019

Pelaksanaan Ujian Penyesuaian Ijasah, Ujian Dinas Tk.I dan Tk.II Tahun 2019

Pemerintah Kabupaten Mukomuko melalui Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia, telah melaksanakan Ujian Penyesuaian Ijasah, Ujian Dinas Tingkat I dan Ujian Tingkat II. Ujian dilaksanakan pada hari Selasa, 30/04/2019 di SMP Negeri 3 ...

Aplikasi Monitoring Mandiri (e-Monri) ditutup

Aplikasi Monitoring Mandiri (e-Monri) ditutup

Direktorat Pengolahan Data dan Informasi Kepegawaian, Badan Kepegawaian Negara (BKN) melalui portal resmi (https://apps.bkn.go.id/ProfilPns/) menyatakan bahwa Aplikasi Monitoring Mandiri (e-Monri) telah ditutup. Disarankan bagi CPNS dan PNS agar mengunduh aplikasi MY-SAPK yang tersedia di ...

Uraian Tugas

Diperbarui 27 Oktober 2017 06:08 WIB


URAIAN TUGAS BADAN KEPEGAWAIAN DAN PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA

KABUPATEN MUKOMUKO

 

A.        Kepala Badan, Bertugas :

1.     mengkoordinasikan penyusunan program Badan dengan mengacu pada dokumen perencanaan daerah (RPJPD, RPJMD dan RKPD Kabupaten Mukomuko) dan kondisi obyektif serta ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku;

2.     bertanggungjawab dalam pencapaian kinerja program Badan, dengan mendistribusikan pelaksanaan tugas kepada bawahan sesuai dengan bidangnya, dan memberikan bimbingan, pembinaan serta petunjuk pemecahan permasalahan;

3.     merumuskan kebijakan teknis inovasi  dibidang kepegawaian daerah, pendidikan dan pelatihan berdasarkan kewenangan yang ada dan kondisi obyektif di lapangan sebagai pedoman dalam melaksanakan tugas;

4.     penyelenggaraan urusan pelayanan umum serta rekomendasi dan atau perizinan  dibidang kepegawaian daerah;

5.     melaksanakan pemantauan, pengendalian, pengawasan dan mengevaluasi pelaksanaan kegiatan pada tahun yang sudah dan sedang berjalan berdasarkan rencana, realisasi dan sasaran sebagai bahan dalam penyusunan program kegiatan tahun berikutnya;

6.     mendelegasikan tugas dan wewenang kepada bawahan agar pelaksanaan tugas dapat berjalan lancar;

7.     menilai hasil kerja bawahan dengan jalan memonitor dan mengevaluasi hasil kerjanya untuk bahan pertimbangan pengembangan karir; dan

8.     melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh atasan.

 

B.       Sekretaris, Bertugas:

1.     menyelenggarakan pengumpulan data, informasi, permasalahan, peraturan perundang-undangan dan kebijakan teknis yang berkaitan dengan urusan umum, kepegawaian, perencanaan dan keuangan;

2.     menyelenggarakan koordinasi dan perencanaan, pelaksanaan, pengendalian, evaluasi dan pelaporan kegiatan sekretariat dan keuangan;

3.     meneliti kelengkapan SPP-UP, SPP-GU, SPP-TU dan SPP-LS gaji, SPP-LS Pengadaan barang dan Jasa  dan tunjangan PNS serta penghasilan lainnya sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang diajukan oleh bendahara pengeluaran dan diketahui/disetujui oleh PPTK;

4.     meneliti dan melaksanakan Pengesahan Surat Pertanggung Jawaban Keuangan serta melakukan verifikasi Surat Permintaan Pembayaran (SPP) dan Surat Perintah Membayar (SPM);

5.     menyiapkan laporan keuangan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD);

6.     menyelenggarakan pengelolaan dan pelayanan administrasi, penatausahaan serta pembinaan organisasi dan ketatalaksanaan Badan;

7.     mengkoordinasikan upaya pemecahan masalah yang berkaitan dengan urusan umum, aparatur, perencanaan dan keuangan;

8.     menyelenggarakan kebijakan, bimbingan dan pembinaan serta petunjuk teknis yang berkaitan dengan urusan umum, aparatur, perencanaan dan keuangan;

9.     mengkoordinasikan perencanaan, pelaksanaan, pengendalian, urusan rumah tangga, perlengkapan, meneliti kebutuhan barang unit dan mengawasi pengeluaran barang iventaris badan serta mengadakan pengawasan serta evaluasi dan pelaporan kegiatan Badan;

10. mendelegasikan tugas dan wewenang kepada bawahan agar pelaksanaan tugas dapat berjalan lancar;

11. menilai hasil kerja bawahan dengan jalan memonitor dan mengevaluasi hasil kerjanya untuk bahan pertimbangan pengembangan karir; dan

12. Melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh atasan.

 

B.1.   Kepala Sub Bagian Perencanaan dan Keuangan, Bertugas:

1.     mengumpulkan, mengolah data dan informasi, menginventarisasi permasalahan serta melaksanakan pemecahan permasalahan yang berkaitan dengan urusan perencanaan dan keuangan, menyajikan data, informasi program pada Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia;

2.     merencanakan, melaksanakan, mengendalikan, mengevaluasi dan melaporkan  kegiatan sub bagian perencanaan dan keuangan;

3.     menyiapkan bahan kebijakan, bimbingan dan pembinaan serta petunjuk teknis yang berkaitan dengan urusan perencanaan dan keuangan;

4.     menghimpun dan menyusun bahan-bahan perencanaan program jangka pendek, jangka menengah dan jangka panjang badan;

5.     menghimpun dan mengkoordinir bahan kebijakan rencana program kerja badan kepegawaian daerah, pendidikan dan pelatihan;

6.     menyelenggarakan dan memonitoring, evaluasi dan penyusunan laporan program dan kegiatan keuangan Badan Kepegawaian dan Penegembangan Sumber Daya Manusia;

7.     menyelenggarakan koordinasi yang berkaitan dengan urusan anggaran dan perbendaharaan, pembukuan dan verifikasi;

8.     menyiapkan rancangan Rencana Kerja Anggaran (RKA) Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD), Dokumen Pelaksanaan Anggaran (DPA) dan Dokumen Perubahan Pelaksanaan Anggaran (DPPA) SKPD;

9.     meneliti kelengkapan SPP-UP, SPP-GU, SPP-TU dan SPP-LS gaji dan tunjangan PNS serta penghasilan lainnya sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang diajukan oleh bendahara pengeluaran serta menyiapkan Surat Perintah Membayar (SPM);

10. mendelegasikan tugas dan wewenang kepada bawahan agar pelaksanaan tugas dapat berjalan lancar;

11. menilai hasil kerja bawahan dengan jalan memonitor dan mengevaluasi hasil kerjanya untuk bahan pertimbangan pengembangan karir;dan

12. melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh atasan.

 

B.2.   Kepala Sub Bagian Umum dan Kepegawaian, Bertugas:

1.     mengumpulkan, mengolah data dan informasi, menginventarisasi permasalahan serta melaksanakan pemecahan permasalahan yang berkaitan dengan urusan umum dan aparatur;

2.     merencanakan, melaksanakan, mengendalikan, mengevaluasi dan melaporkan  kegiatan sub bagian umum dan kepegawaian;

3.     menyiapkan bahan kebijakan, bimbingan dan pembinaan serta petunjuk teknis yang berkaitan dengan urusan umum dan aparatur;

4.     melaksanakan pengumpulan, pengolahan data dan penyimpanan berkas-berkas aparatur dalam rangka pelayanan administrasi aparatur di lingkungan Badan;

5.     memberikan pelayanan naskah dinas, kearsipan, pengetikan, penggandaan dan pendistribusian;

6.     memberikan pelayanan penerimaan tamu, kehumasan, protokoler, dan pelaksanaan keamanan kantor serta pelayanan kerumahtanggaan lainnya;

7.     melayani keperluan dan kebutuhan serta perawatan ruang kerja, ruang rapat/ pertemuan, kendaraan dinas, telepon dan sarana/prasarana kantor;

8.     menyusun analisa kebutuhan pemeliharaan gedung dan sarana prasarana kantor, serta pengadaan sarana prasarana kantor dan gedung;

9.     melaksanakan inventarisasi, pendistribusian, penyimpanan, perawatan dan usulan penghapusan sarana prasarana kantor;

10. mendelegasikan tugas dan wewenang kepada bawahan agar pelaksanaan tugas dapat berjalan lancar;

11. menilai hasil kerja bawahan dengan jalan memonitor dan mengevaluasi hasil kerjanya untuk bahan pertimbangan pengembangan karir; dan

12. melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh atasan.

 

C.    Kepala Bidang Mutasi, Pengembangan Karir dan Informasi Kepegawaian, Bertugas :

1.     menyelenggarakan pengumpulan data, informasi, permasalahan, peraturan perundang-undangan dan kebijakan teknis yang berkaitan dengan urusan mutasi, pengembangan karir dan informasi aparatur;

2.     menyelenggarakan perencanaan, pelaksanaan, pengendalian, evaluasi dan pelaporan  kegiatan mutasi, pensiun, pengembangan karir dan informasi aparatur;

3.     menyelenggarakan upaya pemecahan masalah yang berkaitan dengan urusan mutasi, pensiun, pengembangan karir dan informasi aparatur;

 

4.     melaksanakan  pengumpulan bahan-bahan dalam rangka penyusunan rencana dan program kerja Bidang;

5.     merencanakan dan melaksanakan penyusunan program dan petunjuk teknis di bidang Mutasi, Pengembangan Karir dan informasi aparatur;

6.     melaksanakan penyimpanan dan pengolahan data aparatur;

7.     melaksanakan penyusunan kerja dan petunjuk teknis di bidang urusan Mutasi aparatur di lingkungan Pemerintah Daerah;

8.     meneliti dan mengevaluasi bahan-bahan kelengkapan usul Mutasi dan Promosi;

9.     menyelenggarakan koordinasi yang berkaitan dengan urusan Bidang Mutasi, Pengembangan Karir dan Informasi Kepegawaian pada instansi terkait;

10. mendelegasikan tugas dan wewenang kepada bawahan agar pelaksanaan tugas dapat berjalan lancar;

11. menilai hasil kerja bawahan dengan jalan memonitor dan mengevaluasi hasil kerjanya untuk bahan pertimbangan pengembangan karir;dan

12. melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh atasan.

 

C.1.   Kepala Sub Bidang Mutasi dan Kepangkatan, Bertugas :

1.     mengumpulkan, mengolah data dan informasi, menginventarisasi permasalahan serta melaksanakan pemecahan permasalahan yang berkaitan dengan urusan mutasi dan kepangkatan kepegawaian;

2.     merencanakan, melaksanakan, mengendalikan, mengevaluasi dan melaporkan  kegiatan subbid mutasi dan kepangkatan;

3.     menyiapkan bahan kebijakan, bimbingan dan pembinaan serta petunjuk teknis yang berkaitan dengan urusan mutasi aparatur;

4.     melaksanakan pengumpulan data dan bahan dalam rangka pelaksanaan Kenaikan Pangkat/ Golongan;

5.     mengumpulkan bahan dan data pengolahan administrasi mutasi aparatur, dan kenaikan Gaji Berkala;

6.     menyusun informasi kebutuhan Pegawai Negeri Sipil di lingkungan kerja Pemerintah Daerah;

7.     mempersiapkan bahan dalam rangka pembuatan keputusan Bupati tentang Aparatur Sipil Negara yang akan pindah masuk atau keluar Daerah;

8.     mempersiapkan bahan dalam rangka acara pelantikan/serah terima jabatan;

9.     menyelenggarakan koordinasi yang berkaitan dengan urusan Sub Bidang Mutasi dan Kepangkatan,  pada instansi terkait;

10. mendelegasikan tugas dan wewenang kepada bawahan agar pelaksanaan tugas dapat berjalan lancar;

11. menilai hasil kerja bawahan dengan jalan memonitor dan mengevaluasi hasil kerjanya untuk bahan pertimbangan pengembangan karir; dan

12. melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh atasan.

 

C.2.   Kepala Sub Bidang Pengembangan Karir dan Fungsional, Bertugas :

1.     mengumpulkan, mengolah data dan informasi, menginventarisasi permasalahan serta melaksanakan pemecahan permasalahan yang berkaitan dengan urusan pengembangan karir dan fungsional aparatur;

2.     merencanakan, melaksanakan, mengendalikan, mengevaluasi dan melaporkan  kegiatan subbid pengembangan karir dan fungsional;

3.     menyiapkan bahan kebijakan, bimbingan dan pembinaan serta petunjuk teknis yang berkaitan dengan urusan pengembangan karir dan fungsional aparatur;

4.     melaksanakan pengumpulan data dan bahan dalam rangka pelaksanaan Promosi jabatan atau Pengembangan Karir dan Fungsional;

5.     melaksanakan urusan administrasi jabatan Aparatur Sipil Negara;

6.     menyusun informasi kebutuhan Aparatur Sipil Negara di lingkungan unit kerja berdasarkan analisa jabatan;

7.     mempersiapkan bahan dalam rangka pembuatan keputusan Bupati tentang pengangkatan, pemberhentian dalam jabatan dan mempersiapkan usulan pengangkatan dan pemberhentian;

8.     melaksanakan proses pengisian jabatan pimpinan tinggi pratama;

9.     menyelenggarakan koordinasi yang berkaitan dengan urusan Sub Bidang Pengembangan Karir dan Fungsional pada instansi terkait;

10. mendelegasikan tugas dan wewenang kepada bawahan agar pelaksanaan tugas dapat berjalan lancar;

11. menilai hasil kerja bawahan dengan jalan memonitor dan mengevaluasi hasil kerjanya untuk bahan pertimbangan pengembangan karir; dan

12. melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh atasan.

                                                               

C.3.   Kepala Sub Bidang Informasi Kepegawaian dan Data, Bertugas :

1.     mengumpulkan, mengolah data dan informasi, menginventarisasi permasalahan serta melaksanakan pemecahan permasalahan yang berkaitan dengan urusan informasi kepegawaian dan data aparatur;

2.     merencanakan, melaksanakan, mengendalikan, mengevaluasi dan melaporkan  kegiatan subbid informasi kepegawaian dan data aparatur;

3.     menyiapkan bahan kebijakan, bimbingan dan pembinaan serta petunjuk teknis yang berkaitan dengan urusan informasi kepegawaian dan data aparatur;

4.     mengelola, menyimpan dan memelihara Daftar Urut Kepangkatan;

5.     mengelola sistem informasi manajemen kepegawaian Daerah;

6.     penyimpanan dan pengolahan data aparatur;

7.     pelaksanaan pemutakhiran data Aparatur Sipil Negara di kabupaten;

8.     menyusun informasi kebutuhan Aparatur Sipil Negara di lingkungan unit kerja berdasarkan analisa jabatan;

9.     menyelenggarakan koordinasi yang berkaitan dengan urusan Sub Bidang Informasi Kepegawaian dan Data pada instansi terkait;

10. mendelegasikan tugas dan wewenang kepada bawahan agar pelaksanaan tugas dapat berjalan lancar;

11. menilai hasil kerja bawahan dengan jalan memonitor dan mengevaluasi hasil kerjanya untuk bahan pertimbangan pengembangan karir;dan

12. melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh atasan.

 

D.    Kepala Bidang Pengadaan, Pengembangan Sumber Daya Manusia dan Pembinaan Aparatur Sipil Negara, Bertugas :

1.     menyelenggarakan pengumpulan data, informasi, permasalahan, peraturan perundang-undangan dan kebijakan teknis yang berkaitan dengan urusan pengadaan calon ASN, pengembangan sumber daya manusia serta pembinaan dan kesejahteraan aparatur;

2.     menyelenggarakan perencanaan, pelaksanaan, pengendalian, evaluasi dan pelaporan  kegiatan bidang Pengadaan, pengembangan sumber daya manusia  dan Pembinaan ASN;

3.     menyelenggarakan upaya pemecahan masalah yang berkaitan dengan urusan pengadaan calon ASN, pengembangan sumber daya manusia serta pembinaan dan kesejahteraan aparatur;

4.     melaksanakan penyusunan rencana kerja, petunjuk teknis serta mengkoordinir pengadaan dan seleksi Calon Aparatur Sipil Negara (ASN);

5.     menyelenggarakan perencanaan, pelaksanaan, pengendalian, evaluasi dan pelaporan  kegiatan bidang pendidikan dan pelatihan teknis dan fungsional dan struktural;

6.     menyiapkan bahan kebijakan, bimbingan dan pembinaan serta petunjuk teknis yang berkaitan dengan urusan pendidikan dan pelatihan teknis dan fungsional;

7.     menyelenggarakan, dan upaya pemecahan masalah yang berkaitan dengan urusan pendidikan dan pelatihan pimpinan tingkat dasar dan Umum, pendidikan dan pelatihan struktural;

8.     melaksanakan fasilitasi usulan pengadaan, kesejahteraan pegawai, cuti, penilaian, pemberian penghargaan, pemberian sanksi/ hukuman, serta pendidikan dan pelatihan aparatur;

9.     melaksanakan fasilitasi penyusunan informasi jabatan dan pembinaan aparatur;

10. mendelegasikan tugas dan wewenang kepada bawahan agar pelaksanaan tugas dapat berjalan lancar;

11. menilai hasil kerja bawahan dengan jalan memonitor dan mengevaluasi hasil kerjanya untuk bahan pertimbangan pengembangan karir; dan

12. melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh atasan.

 

D.1. Kepala Sub Bidang Pengadaan dan Formasi, Bertugas :

1.     mengumpulkan, mengolah data dan informasi, menginventarisasi permasalahan serta melaksanakan pemecahan permasalahan yang berkaitan dengan urusan pengadaan dan formasi;

2.     merencanakan, melaksanakan, mengendalikan, mengevaluasi dan melaporkan  kegiatan subbid pengadaan dan Formasi;

3.     menyiapkan bahan kebijakan, bimbingan dan pembinaan serta petunjuk teknis yang berkaitan dengan urusan pengadaan dan Formasi Calon ASN;

4.     penyelenggaraan Pengadaan dan seleksi Calon Aparatur Sipil Negara;

5.     melaksanakan perencanaan dan penyusunan formasi Calon ASN;

6.     mempersiapkan bahan dalam rangka pembuatan Keputusan Bupati tentang penerimaan Calon Aparatur Sipil Negara;

7.     menyelenggarakan koordinasi yang berkaitan dengan urusan Sub Bidang Pengadaan dan Formasi pada instansi terkait;

8.     mendelegasikan tugas dan wewenang kepada bawahan agar pelaksanaan tugas dapat berjalan lancar;

9.     menilai hasil kerja bawahan dengan jalan memonitor dan mengevaluasi hasil kerjanya untuk bahan pertimbangan pengembangan karir; dan

10. melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh atasan.

                                                                             

D.2.   Kepala Sub Bidang Pengembangan Sumber Daya Manusia,        Bertugas :

1.     mengumpulkan, mengolah data dan informasi, menginventarisasi permasalahan serta melaksanakan pemecahan permasalahan yang berkaitan dengan urusan Pendidikan dan Pelatihan Aparatur;

2.     merencanakan, melaksanakan, mengendalikan, mengevaluasi dan melaporkan  kegiatan subbid Pendidikan dan Pelatihan Aparatur;

3.     menyiapkan bahan kebijakan, bimbingan dan pembinaan serta petunjuk teknis yang berkaitan dengan urusan Pendidikan dan Pelatihan Aparatur;

4.     Memfasilitasi pelaksanaan Diklat PNS dalam rangka pengembangan karir dan pengiriman Aparatur Sipil Negara tugas belajar jenjang D3, S1, S2 dan S3;

5.     menyelenggarakan koordinasi yang berkaitan dengan urusan Sub Bidang Pengembangan Sumber Daya Manusia pada instansi terkait;

6.     mendelegasikan tugas dan wewenang kepada bawahan agar pelaksanaan tugas dapat berjalan lancar;

7.     menilai hasil kerja bawahan dengan jalan memonitor dan mengevaluasi hasil kerjanya untuk bahan pertimbangan pengembangan karir; dan

8.     melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh atasan.

 

D.3.   Kepala Sub Bidang Pembinaan dan Kesejahteraan Aparatur Sipil Negara, Bertugas :

1.     mengumpulkan, mengolah data dan informasi, menginventarisasi permasalahan serta melaksanakan pemecahan permasalahan yang berkaitan dengan urusan Pembinaan dan Kesejahteraan ASN;

2.     merencanakan, melaksanakan, mengendalikan, mengevaluasi dan melaporkan  kegiatan subbid Pembinaan dan Kesejahteraan ASN;

3.     menyiapkan bahan kebijakan, bimbingan dan pembinaan serta petunjuk teknis yang berkaitan dengan urusan pembinaan dan kesejahteraan aparatur serta  yang berkaitan dengan urusan cuti, karis, karsu, karpeg, Taspen dan pemberian penghargaan;

4.     menyelenggarakan koordinasi yang berkaitan dengan urusan Sub Bidang Pembinaan dan Kesejahteraan Aparatur Sipil Negara pada instansi terkait;

5.     mendelegasikan tugas dan wewenang kepada bawahan agar pelaksanaan tugas dapat berjalan lancar;

6.     menilai hasil kerja bawahan dengan jalan memonitor dan mengevaluasi hasil kerjanya untuk bahan pertimbangan pengembangan karir;dan

7.     melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh atasan.

Kepala SKPD

Foto Kepala SKPD

Bupati

Jawoto, S.Pd., S.E., M.Pd

Kepala BADAN KEPEGAWAIAN DAN PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA

Pencarian

Temukan Yang Anda Cari

Layanan Online

Bantuan Secara Online

Web Statistik

Jumlah Pengunjung Website

Hari ini :   339  Pengunjung
Bulan ini :   14668  Pengunjung
Tahun ini :   118673  Pengunjung
Total :   551405  Pengunjung